-->

Cara Membuat Parfum

Cara Membuat Parfum  – Pada umumnya, seseorang akan terlihat menarik apabila ia pandai mencocokkan penampilannya dengan suasana dan tempat. Hal itu dapat dari memadupadankan pakaian atau pun riasan yang rapi dan tidak berlebihan.

Akan tetapi, ada satu hal yang sebenarnya ikut berpengaruh terhadap keseluruhan penampilan, yakni aroma tubuh. Oleh sebab itu, kaum wanita maupun laki-laki tak akan segan-segan untuk mengeluarkan biaya yang besar hanya untuk membeli sebuah parfum.


cara membuat parfum

Tak hanya membuat Anda menjadi lebih percaya diri dan tampil menarik, parfum juga dapat mempresentasikan karakter penggunanya. Hal itu pula yang menyebabkan banyak orang gemar mencampur berbagai parfum.

Apabila Anda bosan mencampurkan berbagai macam parfum, Anda dapat mencoba melakukan eksperimen dengan essential oil. Selain mudah untuk membuatnya, essential oil juga lebih aman digunakan karena merupakan bahan alami.

Sementara, jika Anda memilih untuk membuat parfum sendiri dan yang bagus, tentu bahan yang digunakan bisa mencapai ratusan jenis. Namun, terkadang bahan sederhana saja sudah menghasilkan aroma yang sangat menawan. Anda bisa mempelajari cara membuat parfum sendiri dari campuran minyak esensial, atau dengan top notes, middle notes, dan base notes yang kompleks.

 Ingat ya dengan membuat parfum sendiri seperti yang diajarkan disini kamu bisa coba dengan bermacam variasi bahan, jadi bisa dibilang peluang untuk membuat aroma baru tidak terbatas, kamu bisa membuat variasi wangi parfum sangat banyak. Kelebihan lainnya kamu jadi memiliki wangi parfum yang unik, custom tidak semua orang punya.

 

cara membuat parfum sendiri

Parfum yang terbuat dari bahan dasar air yang lembut dengan aroma floral sangat cocok untuk dijadikan sebagai hadiah istimewa untuk seseorang yang spesial. Ditambah lagi, dengan parfum sendiri bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan pengawet atau bahan kimia berbahaya yang tak jarang dijumpai pada wewangian sintetis. Di mana, bahan tersebut bisa menyebabkan gangguan terhadap kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan parfum yang baik, maka buatlah parfum sendiri dengan menggunakan bahan dasar air. Selain alami san tidak mengganggu kesehatan, parfum ini juga ramah lingkungan.

Parfum buatan sendiri juga sangat aman bagi kesehatan, terlebih jika Anda membuatnya dari bahan alami seperti bunga yang Anda petik dari kebun atau pekarangan rumah Anda sendiri. Ada beberapa bunga yang bisa Anda gunakan sebagai bahan dasar membuat parfum, seperti bunga lavender, lili, dan mawar.


Baca Juga : Paket Usaha Parfum Refill Modal Kecil Mulai dibawah 1 Jutaan


Cara membuat parfum sendiri dari bahan alami

Akan tetapi, sebelum Anda mempelajari cara membuat parfum, pertama sekali Anda harus meracik bibitnya hingga mendaaptkan wangi yang diinginkan. Dan untuk membuat bibit parfum dengan aroma yang diinginkan, ada tiga bagian yang perlu diperhatikan, yakni base notes seperti aroma kayu cendana dan cengkeh, middle notes wangi-wangi bunga, dan top notes wangi-wangi ringan (mint, lemon).


cara membuat pafum alami


Untuk membuat parfum dari beberapa jenis bahan alami, ikuti langkah di bawah ini:

Parfum Alami dari Essensial

Untuk membuat parfum ini, bahan yang digunakan adalah sebagai berikut:

- ½ ons jojoba oil atau almond oil

- ½ – 2 ons etanol

- 2 sendok makan air distilasi (jangan air keran)

- Saringan kopi

- Botol kaca berwarna gelap

- 25 tetes esensial oil (dapat Anda beli di toko online atau apotik).

- 7 tetes base note esensial oil

- 7 tetes middle note esensial oil

- 6-7 tetes top note esensial oil

- Beberapa tetes bridge note (opsional)


Sebelum mengetahui cara membuat parfum ini, Anda harus tahu apa itu essensial oil. Esensial oil sendiri merupakan pondasi utama untuk parfum Anda, yang terdiri dari 3 bagian utama, yaitu top note, middle note, base note, dan satu bagian opsional yakni bridge note.

Base note adalah bagian yang paling bertahan lama di kulit, seperti cedarwood, kayu manis, patchouli, sandalwood, vanilla, lumut, lichen, fern.

Middle note yaitu bagian yang terevaporasi sedikit dan daya tahan di bawah base note, seperti love, geranium, lemongrass, neroli, nutmeg, ylang-ylang.

Top note adalah bagian paling mudah menguap, seperti bergamot, melati, lavender, lemon, lime, neroli, orchid, mawar.

Bridge note adalah bagian dengan kadar evaporasi sedang dan berfungsi menyatukan semua wangi-wangian yang ada.

Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

- Masukkan almond oil atau jojoba oil ke botol.

- Masukkan esensial oil dengan urutan base notes, middle notes, top notes, dan terakhir adalah bridge notes.

- Tambahkan setengah hingga 2 ons etanol.


- Cara membuat parfum dari bahan alami berupa esensial oil berikutnya adalah kocok botol selama beberapa menit, lalu simpan selama 48 jam-6 minggu. Penyimpanan yang semakin lama akan membuat wangi parfum semakin kuat.

- Jika Anda telah menbisakan wangi yang diinginkan, maka tambahkan air distilasi dan kocok sedikit.

- Saring ramuan parfum dengan saringan kopi dan pindahkan ke botol yang baru. Pilihlah botol yang gelap untuk menyimpan parfum, sebab udara dan cahaya bisa menurunkan kadar esensial oil.

- Anda bisa menghias botol atau memberi label.

Parfum Alami dari Bunga Lili

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuat parfum ini adalah sebagai berikut:

- 1,5 cangkir bunga lili yang telah dicincang

- Kain tipis berbahan katun

- Mangkuk sedang beserta tutupnya

- 2 gelas air suling

- Panci kecil

- Botol kecil berwarna beserta tutupnya

Cara membuat parfum dari bunga lili adalah sebagai berikut :

- Cuci kelopak bunga dengan air secara lembut, lalu rendam.

- Letakkan kain ke mangkuk dengan ujung-ujung kain menutupi mangkuk. Masukkan bunga ke mangkuk, lalu tuang air hingga menutupi bunganya. Tutup rapat dan biarkan semalaman hingga bunga meresap.

- Buka tutup mangkuk dan satukan keempat sudut kain. Angkat kantong bunga dari air lalu peras di atas panci kecil agar air beraroma bunganya keluar. Setelah itu, rebus air dengan api kecil hingga tersisa satu sendok teh saja.

- Setelah air parfum dingin, masukkan ke dalam botol dan tutup rapat. Apabila disimpan di tempat yang gelap dan sejuk, parfum akan bertahan hingga sebulan

- Anda bisa menghias botol atau menambahkan label.

Parfum Alami dari Jojoba Oil

Bahan dasar:

- Vanila (1 sdt ekstrak vanili)

- Cedarwood (3 tetes)

- Vetiver (4 tetes)

- Ylang Ylang (3 tetes)

- Sandalwood (4 tetes)

- Kemenyan (8 tetes)

- Mawar (6 tetes)

- Lavender (10 tetes)

- Chamomile biru (3 tetes)

- Geranium (8 tetes)

- Bergamot (5 tetes)

- Jeruk liar ( 3 tetes)

- Neroli (5 tetes)

Cara membuat parfum jojoba oil yaitu:

- Campur semua bahan ke botol secara bertahap dengan urutan ekstrak vanila, vedarwood, vetiver, ylang ylang, sandalwood, dan kemenyan. Setelah itu aduk rata dan tambahkan ekstrak mawar, lavender, chamomile biru, geranium. Kemudian campurkan ekstrak bergamot, jeruk liar, dan neroli.


cara membuat parfum alami dari tumbuhan



Parfum ini bisa langsung Anda gunakan, tetapi lebih baik membiarkannya selama sebulan di wadah tertutup. Dengan begitu, ramuan parfum bisa tercampur sempurna.

Demikianlah beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat parfum dari bahan-bahan alami. Cara membuat parfum tersebut sangat mudah, bukan? Selain itu, bahan yang digunakan juga tidak sulit Anda jumpai di pasaran. Jadi ayo buat parfum unik milikmu sendiri dengan kualitas dan keamanan yang terjaga tentunya. Semoga bermanfaat. 

LihatTutupKomentar